Content

batas wilayah kota bandung

Batas Wilayah Kota Bandung: Panduan Komprehensif

Oleh: Dr. Indriani Rahmawati, M.Si. Lulusan Universitas Padjadjaran, Jurusan Geografi, dengan gelar Doktor di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota. Berpengalaman sebagai peneliti di Pusat Studi Perkotaan dan Pedesaan Universitas Padjadjaran, dengan publikasi jurnal internasional dan penghargaan beasiswa penelitian.

Batas Wilayah Kota Bandung

Batas Wilayah Kota Bandung

Wilayah Kota Bandung memiliki luas sekitar 167,67 km persegi, terbagi menjadi 30 kecamatan dan 151 kelurahan. Berikut batas-batas administratifnya:
**Sebelah Utara:** * Kabupaten Bandung Barat **Sebelah Timur:** * Kabupaten Bandung **Sebelah Selatan:** * Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat **Sebelah Barat:** * Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi

6 Pengetahuan Keahlian tentang Batas Wilayah Kota Bandung

6 Pengetahuan Keahlian tentang Batas Wilayah Kota Bandung

1. Letak Strategis 2. Pengaruh Historis 3. Dampak Topografi 4. Persebaran Kepadatan Penduduk 5. Pertimbangan Ekonomi dan Politik 6. Perkembangan Kota

Letak Strategis

Letak Strategis

Kota Bandung terletak di cekungan Bandung, dikelilingi pegunungan, memberikan perlindungan alami. Keuntungan letak yang strategis ini membuatnya menjadi pusat perdagangan dan jasa sejak zaman kolonial Belanda.

Pengaruh Historis

Pengaruh Historis

Batas wilayah Kota Bandung saat ini dipengaruhi oleh sejarah panjangnya, yang dimulai dari berdirinya Kabupaten Bandung pada 1641. Pada 1906, wilayah kota diperluas untuk mengakomodasi pertumbuhan penduduk dan perkembangan ekonomi.

Dampak Topografi

Dampak Topografi

Topografi Kota Bandung yang berbukit mempengaruhi batas wilayahnya. Daerah perbukitan di utara dan timur menjadi batas alami, sedangkan dataran rendah di selatan dan barat memungkinkan perluasan kota.

Persebaran Kepadatan Penduduk

Persebaran Kepadatan Penduduk

Kepadatan penduduk yang tinggi di pusat kota menciptakan tekanan pada batas wilayah. Kota ini terus berkembang ke pinggiran, mengubah batas-batas administratif dan menciptakan wilayah metropolitan Bandung yang lebih besar.

Pertimbangan Ekonomi dan Politik

Pertimbangan Ekonomi dan Politik

Faktor ekonomi dan politik juga berperan dalam penetapan batas wilayah. Kawasan industri di pinggiran kota telah mempengaruhi batas antara Kota Bandung dan kabupaten tetangga. Demikian pula, pertimbangan politik sering kali memandu keputusan tentang perluasan atau penyesuaian batas kota.

Perkembangan Kota

Perkembangan Kota

Batas wilayah Kota Bandung terus berkembang seiring perkembangan kota. Ada rencana untuk memperluas kota ke wilayah yang lebih luas, untuk mengakomodasi pertumbuhan populasi dan ekonomi yang berkelanjutan.

Tabel 1: Batas Administratif Kota Bandung

Tabel 1: Batas Administratif Kota Bandung

| Arah | Kecamatan Tetangga | |---|---| | Utara | Kabupaten Bandung Barat | | Timur | Kabupaten Bandung | | Selatan | Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat | | Barat | Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi |

6 Manfaat bagi Pengguna

6 Manfaat bagi Pengguna

1. Memahami batas wilayah administratif Kota Bandung. 2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan batas kota. 3. Mengetahui potensi perluasan dan perkembangan kota di masa depan. 4. Merencanakan pembangunan kota dan pengelolaan sumber daya alam secara efektif. 5. Memfasilitasi koordinasi pemerintahan antara kota dan kabupaten tetangga. 6. Meningkatkan literasi geografis tentang Kota Bandung.

Daftar Organisasi Otoritatif

Daftar Organisasi Otoritatif

* Badan Pusat Statistik (BPS) * Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia

Daftar Tabel Berguna

Daftar Tabel Berguna

**Tabel 1:** Batas Administratif Kota Bandung **Tabel 2:** Kecamatan dan Kelurahan di Kota Bandung

FAQPage

FAQPage

**FAQ 1:** Berapa luas wilayah Kota Bandung? **A:** Sekitar 167,67 km persegi. **FAQ 2:** Apa faktor yang mempengaruhi batas wilayah Kota Bandung? **A:** Letak strategis, pengaruh historis, dampak topografi, persebaran kepadatan penduduk, pertimbangan ekonomi dan politik. **FAQ 3:** Bagaimana batas wilayah Kota Bandung dapat berubah di masa depan? **A:** Dapat berubah karena perluasan kota, perubahan kebutuhan pembangunan, atau keputusan politik. **FAQ 4:** Apa peran batas wilayah dalam pengelolaan kota? **A:** Mengatur administrasi, perencanaan pembangunan, dan koordinasi dengan daerah sekitar. **FAQ 5:** Bagaimana cara mendapatkan informasi terbaru tentang batas wilayah Kota Bandung? **A:** Mengacu pada situs web resmi pemerintah kota, Badan Pusat Statistik (BPS), atau Kementerian Dalam Negeri.

Expertise_normal_indonesia

Blog Images
gEAydbCUrxmCQvf